DEFINISI KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MENGGUNAKAN PLASTIC CHAIN

6 Agustus 2019

DEFINISI KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MENGGUNAKAN PLASTIC CHAIN

Jika Anda bekerja di sebuah industri atau memang Anda adalah pemiliknya, ketika akan membeli sebuah rantai, sebaiknya jangan asal pilih dan asal beli saja. Anda harus dapat memilah dan memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Anda perlu mengetahui bahwa tidak semua jenis rantai mempunyai keunggulan yang sama. Di dunia ini terdapat berbagai jenis rantai yang terbuat dari material berbeda, dan salah satu dari sekian banyak yang di jual di pasaran adalah plastic chain atau biasa kita kenal dengan rantai plastik yang terbuat dari material plastik.

Pengertian Plastic Chain / Rantai Plastik

Plastic Chain adalah salah satu rantai jenis rantai yang berbahan dasar plastik dalam pembuatannya. Jenis plastic chain ini biasanya akan dimanfaatkan untuk kegiatan ataupun aktivitas sederhana. Namun, Anda perlu ingat bukan aktivitas berat seperti dalam industri cargo yang harus mengangkat barang dari bawah ke atas, atau pun juga menurunkan barang dari atas ke bawah.

Mengenai bahan yang di gunakan untuk pembuatannya adalah material yang terbuat dari serat sintetis atau serat buatan. Dan untuk proses pengolahannya tentu harus melalui proses polimerasi / memasukan beberapa senyawa yang salah satunya memakai bahan minyak bumi. Tidak hanya itu saja, dengan memanfaatkan katalis, nantinya senyawa hidrokarbon tersebut akan dirangkai menjadi sebuah rantai berulang yang di namakan polimer.

Kelebihan Plastic Chain

Anda tentu memerlukan gambaran apa kelebihan dari plastic chain untuk setiap industri yang menggunakannya. Nah, di bawah ini adalah beberapa manfaat jika Anda menggunakan plastic chain, antara lain :

  • Terhindar Dari Resiko Korosi

Rantai jenis ini beda halnya dengan jenis rantai besi yang harus memperoleh lapisan tertentu supaya dapat terhidar dari resiko korosi, plastic chain atau rantai plastik tidak demikian. Material plastic polimer yang ada pada rantai ini sangat menjamin bahwa rantai plastic 100% tidak akan pernah mendapatkan resiko korosi walau telah berumur tahunan.

  • Tingkat Keawetan Lebih Tinggi

Ketika rantai besi terserang korosi akibat cuaca ataupun air, hal tersebut tentu akan mempengaruhi tingkat keawetannya. Dimana rantai tersebut akan mudah mengalami kerusakan dan kekuatannya juga akan semakin berkurang. Hal tersebut sangat berbeda dengan plastic chain atau rantai plastik, dimana tingkat keawetan tidak akan terlalu terpengaruh oleh air dan cuaca.

  • Harga Lebih Ekonomis

Dalam hal ini jika ingin membandingkan harga antara plastic chain dengan rantai besi yang dilapisi dengan apapun, dari segi harga tentu dapat dipastikan harga dari plastic chain akan lebih murah. Hal tersebut sangat cocok untuk Anda yang ingin menghemat biaya untuk memenuhi kebutuhan rantai yang hanya dipakai sebagai pembatas ataupun jalur.

  • Warnanya Yang Beragam

Plastic Chain atau Rantai Plastik berbeda dengan jenis rantai lain yang memang mempunyai tampilan fisik hampir serupa. Secara umum warna dari plastic chain sangat beragam. Hal itu di sebabkan material plastic polimer sangat mudah ditambah zat pewarna, sehingga membuat tampilannya lebih cantik dan indah di pandang.

Kekurangan Plastic Chain

Dari sekian banyak kelebihan dari plastic chain atau rantai plastik, ternyata ada juga beberapa kekurangannya. Di bawah ini adalah kekurangan yang di miliki oleh plastic chain, antara lain sebagai berikut :

  • Mudah terbakar

Walaupun memang tahan terhadap air dan sangat kecil mendapatkan resiko korosi, tapi rantai plastic chain tentu tidak terlalu tahan jika memperoleh serangan api. Hal itu di karenakan senyawa plastik salah satunya terbuat dari hidrokarbon minyak bumi murni. Sehingga jika terlalu banyak memperoleh serangan api atau cuaca panas yang ekstrim akan dapat menyebabkan plastic chain meleleh bahkan bisa terbakar. Hal itulah yang akan menyebabkan tingkat keawetan menjadi berkurang bahkan rusak jika terkena panas yang cukup besar.

  • Kekuatan menahan beban kurang kuat

Dalam hal ini jika Anda ingin memakai rantai untuk kegiatan yang berhubungan dengan pengangkatan beban, maka sangat di sarankan sebaiknya jangan menggunakan plastic chain. Hal itu di karenakan tingkat kekuatannya sangat rendah sehingga jika terlalu berat dapat menyebabkan rantai plastic putus secara mendadak. Pada umumnya plastic chain atau rantai plastik memang tidak didesain untuk mengangkat barang.

Industri Yang Menggunakan Plastic Chain

Seperti yang di jelaskan di atas dengan banyaknya jenis rantai, hal itu mempunyai kelebihan dan kegunaan masing-masing. Jika jenis rantai besi selalu dimanfaatkan untuk industri besar seperti halnya perkapalan, gas dan minyak berbeda dengan plastic chain.

Pemanfaatan dari plastic chain hanya dipakai untuk beberapa kebutuhan sederhana saja misalkan saja rantai talang, rantai untuk membatasi parkiran, pagar untuk membatasi antrian, menghubungkan rambu satu dengan yang lainnya atau juga untuk pembagi jalan yang nantinya akan dikaitkan pada delineator ataupun traffic cone.

Meskipun Anda membutuhkan rantai dan tertarik dengan harga plastic chain yang murah, tapi tentu tetap saja Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Jangan sampai Anda memilih jenis rantai plastik, tapi hal itu akan di gunakan untuk perkapalan, tentu tidak akan cocok.

Memang banyak yang menjual plastic chain di pasaran, tapi jika Anda ingin memproleh kualitas terbaik kami adalah jawabannya. PT. Mega Jaya menyediakan bermacam jenis plastic chain ukuran dan warna yang berbeda beda.

Kami PT. Mega Jaya akan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam proses pembuatannya. Selain itu kami siap mengantar ke tempat Anda di seluruh Indonesia sesuai waktu yang telah di tentukan.

Ada banyak sekali fitur dan kegunaan dari produk Plastic Chain. Jadi tunggu apalagi jatuhkan pilihan Anda pada produk kami dan pesan sekarang juga sebelum kehabisan. Terimakasih.

PT. Sumber Mega Jaya adalah perusahaan distributor Plastic Chain. Kami menyediakan produk Plastic Chain dengan berbagai macam spesifikasi. Pastikan anda menghubungi kami jika ada pertanyaan dan kebutuhan mengenai produk Plastic Chain. Caranya mudah, silahkan klik tombol di pojok kanan bawah halaman ini untuk berbicara dengan customer service kami. :)

Sliahkan klik link ini untuk melihat produk Plastic Chain



Baca juga
  »
6 Agustus 2019
MENGETAHUI DEFINISI, FUNGSI DAN KELEBIHAN MENGGUNAKAN PERMANENT MAGNET LIFTER
Dengan industri yang tidak ada habisnya, tentu disana Anda juga akan melihat permanent magnet lifter, ini merupakan alat lifter atau alat pengangkat beban yang cukup terkenal dan banyak sekali macamnya. Saat ini masih ada yang menggunakan system manual, tetapi memang ada pula yang memakai sistem elektrik dengan listrik. Permanent Magnet Lifter merupakan alat pengangkat barang yang menggunakan magnet. Seperti halnya namanya, alat yang satu ini sangat cocok untuk semua beban yang terbuat dari logam, sebab logam tersebut akan menempel sempurna pada lifternya.

  »
6 Agustus 2019
KETAHUI SECARA RINCI APA ITU CHAIN BLOCK
Chain Block dalam perindustrian merupakan salah satu yang paling di butuhkan, sebab bagaimanapun benda atau barang yang mempunyai ukuran serta bobot besar tidak akan dapat terangkat jika di gunakan cara manual atau tenaga manusia perseorangan saja. Dengan chain block Anda tentu akan lebih di permudah dalam pekerjaan yang ada pada beberapa industri. Bahkan barang atau benda yang sangat berat sekalipun akan dapat terangkat secara maksimal dengan bantuan alat ini.

  »
14 Mei 2019
REVIEW PRODUK GEARED TROLLEY YANG DIJUAL DI PASARAN
Geared trolley adalah pilihan yang sangat baik dalam hal pengerjaan pada beberapa barang yang memiliki bobot yang cukup berat untuk diangkat. Cara kerjanya juga sangat efektif, Trolley yang digerakkan pada umumnya terdiri dari rantai tangan melingkar, yang terhubung ke sprocket. Nah, sprocket ini merupakan sebuah alat yang menggunakan roda gigi yang memfasilitasi pergerakan roda ketika operator menarik rantai tangan. Dengan begitu Trolly akan bergerak kearah yang berlawanan saat menarik rantai.

  »
11 Mei 2019
MENGENAL APA ITU PLAIN TROLLEY, FUNGSI DAN KEUNGGULANNYA
Mungkin kalian tidak asing lagi dengan kata-kata trolli ini kita bisa menemukannya mulai dari di supermarket hingga pabrik menggunakan alat ini untuk kebutuhan kesehariannya. Nah, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang trolley yang dipakai untuk mengerek beban dan mengangkut beban, bukan trolley yang biasa anda gunakan untuk belanja. Ternyata banyak jenis trolley itu sendiri sehingga kita bisa menyesuaikan untuk kebutuhan kita.

  »
11 Mei 2019
MEMBEDAH SPRING BALANCER
Sesuai dengan namanya spring balancer merupakan suatu alat atau perkakas yang lumayan banyak digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Alat ini biasa disebut pegas penyeimbang. Spring balancer ini memiliki bentuk elastis dan dapat menyimpan energi terutama energi mekanis.