KETAHUI SECARA RINCI APA ITU CHAIN BLOCK

6 Agustus 2019

KETAHUI SECARA RINCI APA ITU CHAIN BLOCK

Chain Block dalam perindustrian merupakan salah satu yang paling di butuhkan, sebab bagaimanapun benda atau barang yang mempunyai ukuran serta bobot besar tidak akan dapat terangkat jika di gunakan cara manual atau tenaga manusia perseorangan saja.

Dengan chain block Anda tentu akan lebih di permudah dalam pekerjaan yang ada pada beberapa industri. Bahkan barang atau benda yang sangat berat sekalipun akan dapat terangkat secara maksimal dengan bantuan alat ini.

Definisi Chain Block

Chain Block adalah sebuah alat yang di gunakan untuk mengangkat secara manual yang menggunakan pulley (roll), rantai (chain), roda gerigi (gear), dan pengait (hook block).

Alat yang biasa kita sebut katrol ini relatif kecil dan cocok untuk berbagai jenis pengangkatan. Beban pengangkatan menggunaka chain block bisa beragam, beratnya bisa 0,5 ton sampai dengan 50 ton. Biasanya ini akan di pakai untuk pengangkatan rendah, selain itu juga bisa digunakan dengan hand overhead crane, fixed hoist crane dengan rel tunggal kecil dan masih banyak lagi.

  

Kegunaan Chain block

Chain block secara umum sangat berperan penting pada industri yang memerlukan alat bantu angkat untuk mengangkat kebutuhannya. Misalkan saja produk yang mereka jual ataupun alat yang mereka pakai untuk industrinya.

Hal yang menjadikan chain block sangat dilirik oleh banyak perusahaan yang bergerak pada bidang perindustrinya yang membutuhkan alat angkat, antara lain :

  • Ukuran chain block pada dasarnya kecil namun bisa mengangkat sampai berton-ton barang bahkan bisa disebut juga mempunyai daya angkat berton-ton. Chain Block mempunyai kapasitas angkat yang cukup beragam, yakni mulai dari 1 ton sampai 20 ton.
  • Dengan ukurannya yang kecil, hal itu membuat alat ini bisa dipindahkan dengan mudah dan ringan.
  • Terakhir pengoperasian alat ini juga sangat mudah sekali.

Hal itulah yang membuat chain block ini sangat diperlukan atau sangat diinginkan oleh banyak perusahaan yang membutuhkan alat angkat yang efisien. Perlu Anda ketahui chain block dipakai pada berbagai macam industri, seperti halnya :

Industri Konstruksi

Sebuah industri konstruksi akan membutuh chain block yang biasanya akan digunakan untuk mengangkat beton, besi dan peralatan yang lainnya.

Industri Perkapalan

Selanjutnya dalam Industri pembangunan kapal, chain block banyak dipakai untuk mengangkat plat, pipa, mesin dan peralatan yang lainnya.

Industri Manufaktur

Pada perindustrian yang satu ini chain block dipakai untuk mengangkat mesin, peralatan, bahan baku dan bahan hasil produksi.

 

Industri Pertambangan

Chain Block ini dipakai untuk mengangkat dan memindahkan mesin pada industri pertambangan.

Industri Oil and Gas

Dan yang terakhir chain block pada industri oil and gas ini biasanya akan di pakai untuk memindahkan pipa-pipa yang digunakan untuk pengeboran minyak di dalam bumi, baik itu di lepas pantai maupun didarat.

Bagaimana Cara Menggunakan Chain Block yang Benar?

Sama seperti halnya dengan alat bantu yang lainnya, chain block yang di pakai dengan cara yang salah lambat laun tentu akan mengalami kerusakan. Maka dari itu Anda perlu mengetahui bagaimana cara menggunakan chain block menurut rekomendasi para ahli.

Agar chain block tidak mudah rusak dan Anda juga terhindar dari kecelakaan kerja maka perlu menghindari beberapa hal di bawah ini, antara lain :

  • Pertama Anda harus menjauhkan chain block dari bahan kimia berbahaya khususnya dari zat asam.
  • Jangan pernah Anda memkai chain block untuk mengangkat manusia dan beberapa barang yang melebihi kapasitas.
  • Jangan pernah Anda memasukkan kait hook pada link rantai.
  • Usahakan Anda menghindari palu sling ketika memasang ataupun maintenance.
  • Jangan pernah Anda meninggalkan beban benda apapun pada hook ketika tidak Anda operasikan.
  • Usahakan untuk membuat chain block tidak kontak langsung dengan air, cipratan air, asam dan uap.
  • Saat Anda melakukan pelumuran oli, maka jangan sampai mengenai system pengereman yang ada pada alat ini
  • Jangan pernah mengganti panjang rantai tanpa persetujuan supplier.
  • Usahakan untuk Anda tidak melakukan pelemparan, menggeser dan menjatuhkan chain block.
  • Jangan membiarkan sling menggantung pada hook ketika tidak dipakai
  • Anda tidak boleh mengoperasikan alat ini tanpa training terlebih dahulu.
  • Jangan pernah memakai block, sling dan aksesoris lain yang rusak, serta hindari juga menggunakan rantai block sebagai sling.
  • Setelah Anda mengetahui beberapa hal yang harus di jauhi sebelum menggunakan chain blok, selanjutnya Anda harus mengetahui cara menggunakan alat ini.

Berikut adalah bebepa tips penting cara menggunakan chain blok, antara lain :

  • Sebelum Anda menggunakan chain block, periksalah terlebih dahulu apakah block tersebut sudah terpasang dengan benar, dan pastikan juga rantai tidak memutar.
  • Setelah itu Anda lakukan pemeriksaan apakah barang ketika diangkat dapat bergerak bebas atau tidak.
  • Kemudian perlu di ingat ketika Anda akan meningkatkan beban, lakukan pemberhentian pekerjaan untuk memeriksa integritas block, slinging method dan yang lainnya.
  • Yang tidak kalah penting Anda juga harus melakukan periksa jalur pengangkatan dan pemindahan barang sebelum chain block diaplikasikan. Tujuan dari hal tersebut adalah supaya tidak terjadi tabrakan barang dijalurnya saat pengangkatan atau pemindahan.
  • Agar Anda selalu dalam kondisi aman maka jauhkan jari kaki, dan lain-lain dari alas sebelum menurunkan barang.
  • Supaya chain block bisa beroperasi dengan baik, tentu Anda juga perlu lakukan berbagai perawatan untuk membuat chain block tersebut bisa beroperasi sesuai dengan semestinya.

Apabila Anda memerlukan chain block dengan berbagai ukuran serta dengan harga yang terjangkau, maka Anda bisa langsung hubungi kami PT. Sumber Mega Jaya. Kami merupakan distributor berbagai jenis dan ukuran chain block dengan harga yang sangat terjangkau dan kualitas terbaik.

Ada banyak sekali fitur dan kegunaan dari produk Chain Block. Jadi tunggu apalagi jatuhkan pilihan Anda pada produk kami dan pesan sekarang juga sebelum kehabisan. Terimakasih.

PT. Sumber Mega Jaya adalah perusahaan distributor Chain Block. Kami menyediakan produk Chain Block dengan berbagai macam spesifikasi. Pastikan anda menghubungi kami jika ada pertanyaan dan kebutuhan mengenai produk Chain Block. Caranya mudah, silahkan klik tombol di pojok kanan bawah halaman ini untuk berbicara dengan customer service kami. :)

Sliahkan klik link ini untuk melihat produk Chain Block



Baca juga
  »
6 Agustus 2019
MENGETAHUI DEFINISI, FUNGSI DAN KELEBIHAN MENGGUNAKAN PERMANENT MAGNET LIFTER
Dengan industri yang tidak ada habisnya, tentu disana Anda juga akan melihat permanent magnet lifter, ini merupakan alat lifter atau alat pengangkat beban yang cukup terkenal dan banyak sekali macamnya. Saat ini masih ada yang menggunakan system manual, tetapi memang ada pula yang memakai sistem elektrik dengan listrik. Permanent Magnet Lifter merupakan alat pengangkat barang yang menggunakan magnet. Seperti halnya namanya, alat yang satu ini sangat cocok untuk semua beban yang terbuat dari logam, sebab logam tersebut akan menempel sempurna pada lifternya.

  »
6 Agustus 2019
DEFINISI KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MENGGUNAKAN PLASTIC CHAIN
Jika Anda bekerja di sebuah industri atau memang Anda adalah pemiliknya, ketika akan membeli sebuah rantai, sebaiknya jangan asal pilih dan asal beli saja. Anda harus dapat memilah dan memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Anda perlu mengetahui bahwa tidak semua jenis rantai mempunyai keunggulan yang sama. Di dunia ini terdapat berbagai jenis rantai yang terbuat dari material berbeda, dan salah satu dari sekian banyak yang di jual di pasaran adalah plastic chain atau biasa kita kenal dengan rantai plastik yang terbuat dari material plastik.

  »
14 Mei 2019
REVIEW PRODUK GEARED TROLLEY YANG DIJUAL DI PASARAN
Geared trolley adalah pilihan yang sangat baik dalam hal pengerjaan pada beberapa barang yang memiliki bobot yang cukup berat untuk diangkat. Cara kerjanya juga sangat efektif, Trolley yang digerakkan pada umumnya terdiri dari rantai tangan melingkar, yang terhubung ke sprocket. Nah, sprocket ini merupakan sebuah alat yang menggunakan roda gigi yang memfasilitasi pergerakan roda ketika operator menarik rantai tangan. Dengan begitu Trolly akan bergerak kearah yang berlawanan saat menarik rantai.

  »
11 Mei 2019
MENGENAL APA ITU PLAIN TROLLEY, FUNGSI DAN KEUNGGULANNYA
Mungkin kalian tidak asing lagi dengan kata-kata trolli ini kita bisa menemukannya mulai dari di supermarket hingga pabrik menggunakan alat ini untuk kebutuhan kesehariannya. Nah, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang trolley yang dipakai untuk mengerek beban dan mengangkut beban, bukan trolley yang biasa anda gunakan untuk belanja. Ternyata banyak jenis trolley itu sendiri sehingga kita bisa menyesuaikan untuk kebutuhan kita.

  »
11 Mei 2019
MEMBEDAH SPRING BALANCER
Sesuai dengan namanya spring balancer merupakan suatu alat atau perkakas yang lumayan banyak digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Alat ini biasa disebut pegas penyeimbang. Spring balancer ini memiliki bentuk elastis dan dapat menyimpan energi terutama energi mekanis.